Home » Artikel » Nutrisi Untuk Pakan Kambing

Nutrisi Untuk Pakan Kambing

facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Nutrisi Untuk Pakan KambingPemberian pakan kambing yang berkualitas akan menunjang peforma kambing dan dapat menghasilkan produksi yang maksimal. Pakan sangat dibutuhkan oleh kambing untuk tumbuh dan berkembang biak. Hanya pakan yang sempurna yang mampu mengembangkan pekerjaan sel tubuh. Pakan kambing yang sempurna mengandung kelengkapan protein, karbohidrat, lemak, air,  vitamin, dan mineral.

Nutrisi yang yang paling penting untuk pakan kambing adalah protein, protein disini berfungsi untuk mengganti sel yang aus, pembetukan otot, sel darah merah, bulu, tanduk, dan energi, jika lemak dan karbohidrat habis dalam tubuh. Untuk ternak kambing, Dalam rumennya kambing terdapat bermacam-macam jasad renik yang mampu mengubah serat kasar (karbohidrat) menjadi protein yang dapat dimanfaatkan oleh ternak.

Pakan kambing yang mengandung karbohidrat berguna untuk kambiing, karena merupakan sumber energi setelah lemak. Serat kasar juga merupakan bagian dari karbohidrat. Pemberian serat kasar pada kambing tidak ada batasan karena mikroorganisme dalam rumennya dapat mencerna serat kasar itu menjadi karbohidrat sederhana yang dapat diserap oleh ternak.

Lemak berfungsi sebagai cadangan energi, pelarut vitamin, dan memberikan rasa enak pada pakan kambing yang diberikan. Pemakaian lemak dalam ransum tambahan atau pakan penguat rata-rata 2,5%. Kelebihan lemak dapat menimbulkan mencret pada kambing.

Kebutuhan air untuk kambing muda relatif banyak dibandingkan dengan kambing yang telah tua. Kebutuhan air dalam tubuh ternak dapat mencukupi melalui air minum, air dalam bahan pakan kambing, dan air yang berasal dari proses metabolisme zat pakan dalam tubuh. Kambing dewasa membutuhkan air setiap harinya rata-rata 2 l/kg pakan kering.

Zat nutrisi yang lain yang sangat dibutuhkan daalam pakan kambing adalah vitamin yang sangat diperlukan adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, dan vitamin E. Umumnya unsur vitamin tersebut sudah bisa dicukupi dari bahan pokok yang mengandung serat kasar, karbohidrat, lemak, dan protein. Makanan yang dapat diberikan seperti rumput-rumputan, daun-daunan, biji-bijian, atau pakan lain seperti dedak, ampas tahu, dan limbah pertanian lainnya.

Sebagai sumber mineral dapat diberikan garam, tepung tulang, atau tepung ikan. Tepung tulang dan tepung ikan sangat kaya akan unsure mineral Ca, P, Fe, dan sebagainya. Jenis pakan kambing ada dua macam, yaitu pakan pokok yang terdiri dari hijaun (rumput, legume, dan leimbah pertanian), serta penguat (Suplemen, Kosentrat, dan pakan tambahan).

sumber



Untuk Info Harga, Nego Atau Pemesanan - Silahkan HUB Kami


Pak Ulil

Telp : 085779998745 & 081290034985

WA : 081290034985

Email : dipaleksanafarm@gmail.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>